Barnum Effect

Bagi para pembaca zodiak, pernahkah kalian sedikit mengintip ke ramalan zodiak lain yang bukan zodiak kamu? Lalu, apa yang kalian rasakan? Mungkin beberapa di antara kalian merasa bahwa ramalan itu juga menggambarkan diri kalian. Terus kenapa itu bisa terjadi? Yang mana yang benar? Oh tentu zodiak kamu, hanya saja kebetulan kamu sedang merasakan apa yang semua zodiak rasakan.

Hmmm, malas berlama-lama, mari kita langsung bahas saja. Kenapa sih ramalan zodiak bisa sering pas? Kenapa ramalan zodiak lain juga pas dengan kalian?

***
Dahulu kala, terdapat seorang ahli psikologi melakukan eksperimen di kelasnya sendiri. Ia meminta seluruh muridnya untuk mengisi tes kepribadian yang telah ia buat kemudian memberikan hasil analisisnya pada setiap murid. Terakhir, murid-murid tersebut diminta untuk memberikan nilai dengan skala 0-5 (tidak akurat sampai sangat akurat). Setelah dirata-ratakan, seluruh murid memberikan nilai 4.29 untuk hasil tes tersebut, yang berarti hasil tersebut akurat menggambarkan diri mereka.
Sayangnya, murid-murid ini tidak tahu bahwa hasil analisis satu sama lain dibuat sama. Persis sama. Lalu, bagaimana hasil analisis itu bisa akurat?

Bertram R. Forer, si ahli psikologi ini, ternyata sedang melakukan eksperimen mengenai Barnum Effect. Barnum Effect sendiri merupakan “the observation that individuals will give high accuracy ratings to descriptions of their personality that supposedly are tailored specifically for them, but are in fact vague and general enough to apply to a wide range of people”. Penemunya, yaitu P.T. Barnum, menyatakan “a circus should have a little something for everyone”. Secara tidak langsung, ia mengatakan bahwa sebenarnya Barnum profile sendiri memiliki sebagian kecil dari tiap kepribadian. Sederhananya lagi, apa yang ada di ramalan zodiak adalah pernyataan yang dibuat seakan-akan spesifik pada diri kalian tapi ternyata bisa berarti sangat luas a.k.a. semua orang bisa merasakan hal yang sama.

Barnum Effect sendiri pernah dilakukan oleh Buzzfeed di salah satu channel Youtube-nya. Di sini, empat peserta diminta untuk memberikan informasi mengenai tempat lahir, tanggal lahir, dan warna kesukaan. Kemudian, mereka diberikan hasil ramalan dari informasi yang mereka berikan. Mereka diminta untuk membaca dan menanggapi hasilnya. Keempat-empatnya menyatakan bahwa ramalan tersebut sangat menggambarkan diri mereka.

Tiba-tiba peneliti dari pihak Buzzfeed mengatakan “You all have exactly the SAME feedback.” dan menjelaskan mengenai Barnum Effect pada mereka.

Respon mereka?

We’ve been fooled!”,
What am I doing? How can you gather this information? Of course, they couldn’t, it’s fake!”,

You almost made me cry, almost.”

Kalau dilihat, ternyata ramalan tadi benar-benar membuat mereka tersentuh. Saat mereka tahu, mereka merasa dibodohi. Si peneliti menjelaskan bahwa hal yang terlihat sangat spesifik dalam ramalan tersebut sebenarnya merupakan hal yang sangat luas yang setiap orang merasakannya juga.

***

Kesimpulannya, apa yang kita baca di ramalan semacam zodiak, rajah tangan, dan lain-lain itu merupakan hal yang sangat umum dan bisa diaplikasikan pada setiap orang. Hanya saja, ramalan-ramalan tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga terasa sangat spesifik ke diri pembaca. Setiap orang memiliki sekian persen hal yang dikatakan pada ramalan tersebut sehingga merasa bahwa ramalan itu pas untuk mereka.

👉 READING GUIDE
https://www.psychologytoday.com/blog/sideways-view/201411/weve-got-something-everyone-the-barnum-effect
https://www.psychologytoday.com/blog/fulfillment-any-age/201008/when-it-comes-personality-tests-dose-skepticism-is-good-thing
http://psych.fullerton.edu/mbirnbaum/psych101/barnum_demo.htm
http://study.com/academy/lesson/the-barnum-effect-in-psychology.html

April 2016
Jester
All Rights Reserved

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s