The Future is Here: Eight Mind-Blowing Scientific Advances That Will Shape the Future

8. Memory Modification

Pada tahun 2014, seorang peneliti dari University of California, San Diego Health Sciences berhasil menghapus salah satu memori seekor tikus dan mengembalikannya. Di tempat lain pada bulan Maret tahun 2015, Karim Benchenane dan timnya dari Industrial Physics and Chemistry Higher Educational Institution di Paris berhasil menanamkan memori buatan ke dalam otak tikus ketika tidur.

Secara teori, modifikasi memori juga bisa dilakukan kepada manusia. Hal ini bisa membantu kita memodifikasi beberapa ingatan yang berasosiasi dengan trauma atau pengalaman buruk.

https://www.newscientist.com/article/dn27115-new-memories-implanted-in-mice-while-they-sleep#.VP7UgvmsW4g (penanaman memori)
http://www.sciencedaily.com/releases/2014/06/140601150633.htm (penghapusan memori)


7. Robotic & Artificial Intelligence

Kalian mungkin sudah tahu beberapa aplikasi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, mulai dari software pengenal wajah hingga mobile phone personal assistant seperti Siri atau Google Now.

Sudah semaju apakah teknologi AI dan robotika sekarang? Tahukah Perspekter bahwa robot-robot yang diintegrasikan dengan AI bisa bergerak dan melakukan navigasi dengan sendirinya? Mereka bisa mengetahui lokasi, mempelajari lingkungan, bernavigasi melewati lorong-lorong tanpa menabrak, dan bahkan menaiki tangga. Google self-driving car juga sudah menggunakan teknologi ini.

Tetapi kemampuan AI tidak sampai situ saja. Sekarang ini, robot sudah memiliki kemampuan self-learning. Tanpa diajari apa pun, robot tersebut bisa melakukan beberapa kemampuan secara trial and error hingga akhirnya dia bisa menguasainya. Bahkan, salah satu AI buatan Google berhasil memainkan beberapa jenis retro game tanpa diajari.

IBM Watson adalah salah satu AI yang bisa dibilang buatan IBM yang paling canggih. Watson bisa melakukan penalaran (reasoning) selayaknya otak manusia dan terkoneksi dengan internet. Oleh karena itu, AI ini bisa menjawab pertanyaan apa saja, menganalisis informasi, dan bahkan memprediksi hasil analisis tersebut berdasarkan informasi yang ia dapatkan bagaikan proses pemikiran otak manusia.

Bagaimana dengan kesadaran diri? Baru-baru ini Rensselaer Polytechnic Institute di New York membuat robot dengan kemampuan tersebut. Satu dari tiga robot yang mereka buat, berhasil lolos dari uji sederhana untuk membuktikan kasadaran dirinya.

http://www.proton4.com/artificial-intelligence/google-ai-now-self-learning/ (self-learning AI)
https://www.youtube.com/watch?v=-e9QzIkP5qI (semua prototipe robot Boston Dynamics)
https://www.youtube.com/watch?v=yXcDir9Y9CI (IBM Watson)
http://www.sciencedump.com/content/everybody-panic-robot-just-passed-self-awareness-test (robot dengan kesadaran diri)
https://www.youtube.com/watch?v=JTOMNkZJRao (robotic consciousness)


6. Bionic Implants

Erik Sorto, seorang warga Amerika yang lumpuh, adalah manusia pertama yang otaknya diimplantasi dengan neuroprosthetic device. Dia juga diberikan lengan robot buatan yang bisa dia kendalikan dengan otaknya. Alat yang ditanamkan di otaknya berperan sebagai perantara antara otaknya dengan lengan robot. Alat tersebut kemudian menerjemahkan aktivitas otaknya untuk mengendalikan lengan robot secara nirkabel.

Selain itu, terdapat juga implant devices yang bisa membantu pendengaran, penglihatan, dan lain-lain. Baru-baru ada juga implan bernama Ocumetics Bionic Lens yang bisa meningkatkan penglihatan agar menjadi jauh lebih baik dari penglihatan normal sekalipun.

http://www.sciencealert.com/new-bionic-contact-lenses-could-make-glasses-obsolete
http://www.theguardian.com/science/2015/may/21/brain-implant-controls-robotic-arm-with-the-power-of-thought
http://www.businessinsider.com/technology-inject-electronics-into-brain-2015-6
http://www.sciencedaily.com/releases/2015/02/150213145047.htm


5. In Vitro Meat

Berkat teknologi stem cell yang semakin canggih, sekarang daging konsumsi sudah bisa ditumbuhkan di laboratorium. Meskipun disebut daging sintetis, bahan dan nutrisi daging tersebut sama saja dengan daging pada umumnya. Kenyataannya, daging tersebut memanglah daging asli dan bukannya daging yang dibuat dari bahan lain.

Pada tahun 2013, ilmuwan di Belanda berhasil mengambil sel dari sapi dan menumbuhkannya dalam cawan petri di laboratorium. Diharapkan teknologi ini bisa memproduksi daging secara massal untuk memenuhi kebutuhan daging dan menangani masalah kelaparan. Selain itu, teknologi yang ramah lingkungan ini diharapkan juga dapat mengurangi efek pemanasan global yang diakibatkan oleh industri peternakan.

http://www.bbc.com/news/science-environment-23576143


4. Suspended Animation

Pada tahun 2014, peneliti di Rumah Sakit Pennsylvania berhasil menemukan cara untuk memasukkan seseorang ke dalam kondisi suspended animation, yaitu keadaan dimana tubuh kita sengaja “dimatikan” untuk sementara untuk “dihidupkan” kembali setelahnya. Trik ini berhasil dipraktikkan pada pasien yang dalam keadaan gawat darurat.

Untuk memperpanjang waktu hidup, pasien yang sudah sekarat sengaja dimasukkan kedalam kondisi suspended animation. Semua darahnya disedot habis dan digantikan dengan larutan garam yang sudah didinginkan. Dengan cara ini, suhu tubuh pasien tersebut turun seketika dan hampir semua aktivitas selular berhenti. Dengan demikian, para dokter memiliki waktu lebih banyak untuk menangani masalah dalam tubuh pasien tersebut. Setelah berhasil ditangani, maka larutan garam dalam tubuh pasien akan disedot kembali dan darah dipompa kedalam tubuh. Kemudian, tubuhnya dihangatkan kembali dan jantungnya pun “dihidupkan” lagi.

Teknik ini masih masih sangat baru dan untuk saat ini seseorang hanya bisa dimasukkan ke dalam keadaan suspended animation selama beberapa jam saja.

https://www.newscientist.com/article/mg22129623-000-gunshot-victims-to-be-suspended-between-life-and-death/


3. 3D Printing

Teknologi 3D printing memang tergolong sangat baru. Namun, teknologi ini tidak hanya berguna untuk membuat mainan saja. Teknologi 3D printing memiliki potensi yang besar untuk terobosan- terobosan di bidang arsitektur, industri makanan, pengobatan, dan bahkan eksplorasi ruang angkasa.

Pada tahun 2014, perusahaan Cina bernama Winsun sudah menggunakan teknologi 3D printing untuk membuat rumah dan apartemen. Dengan teknologi tersebut, pembangunan rumah akan sangat cepat (bisa mencapai sepuluh rumah hanya dalam sehari!).

Di bidang pengobatan, teknologi 3D printing sudah berhasil membuat tulang rahang, tulang panggul, dan tulang belakang yang bisa menggantikan bagian yang rusak pada pasien. Teknologi ini sudah diterapkankan di Cina pada tahun 2015 terhadap beberapa pasien, dari pembuatan tulang kaki hingga tulang leher.

Sekarang ini para peneliti sedang bekerja untuk mengaplikasikan 3D printing dalam pembuatan organ menggunakan sel hidup yang diambil dari pasien untuk membentuk ginjal, hati, hingga jantung. Perusahaan kosmetik L’Oreal juga tidak mau ketinggalan. Mereka sedang melakukan riset pembuatan jaringan kulit dengan 3D printing untuk uji kosmetik.

http://time.com/3674557/3d-printed-apartment-building-winsun/
http://www.livescience.com/49913-3d-printing-revolutionizing-health-care.html
http://www.livescience.com/52571-3d-printers-could-build-organs.html
http://www.bbc.com/news/technology-32795169


2. Gene Editing

Dengan kemunculan CRISPR genome editing pada tahun 2015, pengeditan genom menjadi lebih presisi dan akurat. Teknik CRISPR ini sudah digunakan oleh para ilmuwan untuk riset terbaru mereka. Salah satunya adalah proyek de-extinction, di mana George Church dan timnya di Harvard telah berhasil menggunakan teknik ini untuk memasukkan gen mamut ke dalam genom sel gajah asia. Hal ini merupakan tahap awal untuk menghidupkan kembali woolly mammoth yang sudah punah ratusan ribu tahun silam.

Pada tahun 2015 juga, sekelompok ilmuwan di Cina berhasil memodifikasi gen embrio manusia dengan akurat menggunakan teknik CRISPR. Ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah di mana gen manusia berhasil dimodifikasi. Penelitian ini berpotensi untuk menyembuhkan manusia dari ribuan penyakit yang diakibatkan oleh kerusakan genetik.

http://www.livescience.com/50275-bringing-back-woolly-mammoth-dna.html
http://www.nature.com/news/chinese-scientists-genetically-modify-human-embryos-1.17378


1. Synthetic Life

Sekitar 20 ilmuan yang dikepalai Craig Venter, dengan menghabiskan waktu lebih dari 15 tahun dengan total biaya 40 juta dolar, telah berhasil menciptakan spesies bakteri baru pada tahun 2010. Bakteri tersebut merupakan bentuk kehidupan buatan yang tidak muncul secara alami. Craig Venter sendiri menyebut bakteri hasil ciptaannya sebagai “the first self-replicating species we’ve had on the planet whose parent is a computer.”

Pertama-tama, Venter dan timnya merancang kode genetik di komputer, kemudian membuatnya secara kimiawi di laboratorium. Gen sintetis tersebut lalu dimasukkan ke dalam bakteri M. capricolum yang inti selnya sudah dikosongkan dari gen. Setelah gen sintetis tersebut diaktifkan, gen tersebut mengambil alih bakteri tersebut dan voila! Muncullah spesies bakteri baru yang belum pernah ada sebelumnya. Bakteri ciptaan mereka bisa bereplikasi dan berkerja selayaknya bakteri pada umumnya.

Uniknya, kode genetik bakteri tersebut mengandung “watermark”. Jika diuraikan dan “dibaca”, terdapat alamat e-mail dan beberapa informasi mengenai para peneliti yang menciptakan bakteri tersebut.

Di masa depan, teknik ini memungkinkan kita untuk membuat spesies-spesies bakteri lainnya yang mungkin bisa berguna untuk keuntungan manusia, seperti bakteri yang bisa memproduksi enzim tertentu untuk pengobatan, bahan bakar hayati (biofuel), hingga menguraikan plastik.

http://www.telegraph.co.uk/news/science/7745868/Scientist-Craig-Venter-creates-life-for-first-time-in-laboratory-sparking-debate-about-playing-god.html
https://www.ted.com/talks/craig_venter_unveils_synthetic_life?language=en#t-48491
http://www.nature.com/news/2010/100520/full/news.2010.253.html
http://www.sciencemag.org/content/329/5987/52.abstract

24 Desember 2015
FH @ Perspektif

All Rights Reserved


Sumber gambar: http://www.livescience.com/44887-future-tech-poll.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s