​Apa itu Cinta ?

Ada banyak definisi cinta. Ada yang bilang cinta itu takdir, cinta itu buta, cinta itu indah, cinta itu mengagumi atau menyukai sesuatu, dan lain sebagainya.

Pernyataan di atas tentang cinta itu benar toh, tidak bisa kita salahkan. Namun, terlepas dari itu semua, ilmu pengetahuan mengatakan bahwa cinta adalah proses biologis berupa reaksi kimia di dalam tubuh kita.

Cinta dipengaruhi oleh pelepasan hormon dan neurotransmiter. Hormon berasal dari bahasa Yunani Horman yang berarti menggerakkan. Dengan kata lain, hormon adalah pembawa pesan kimiawi yang “menggerakkan” aktivitas sel atau kelompok sel. Berbeda dengan feromon yang dapat menyebar ke luar tubuh dan hanya dapat dikenali oleh individu lain yang satu spesies, hormon hanya dapat menyebar di dalam tubuh satu individu.

Saat kita mencintai seseorang, dilepaslah hormon-hormon yang membuat tubuh kita merasakan berbagai perasaan dan emosi. Salah satu hormon tersebut adalah dopamin yang memiliki efek selayaknya kokain. Ketika Anda bertemu seseorang yang Anda sukai, dopamin akan dilepas ke dalam tubuh. Dopamin bersifat adiktif, yang artinya mereka yang memiliki orang yang disukai seakan-akan ketagihan untuk terus bertemu dengannya.

Dalam proporsi yang tepat, dopamin menciptakan energi intens, kegembiraan, dan fokus. Itulah sebabnya mengapa ketika Anda baru jatuh cinta Anda dapat tetap terjaga sepanjang malam, mendaki gunung lebih cepat, dan menekan batas kemampuan Anda. Cinta membuat Anda lebih berani menjalani risiko yang biasanya tidak Anda ambil. Namun, dalam dosis tinggi dopamin bisa juga membuat Anda berani melakukan tindakan seperti bunuh diri. Hiih sereem


Jadi kalau ada yang mengatakan kalau cinta adalah anugerah FSM, itu 100% benar! Tapi admin Resedivis_ mah apa atuh, cuma orang yang gak romantis dengan pernyataan sok ilmiahnya 😦
Tapi luapan neurotransmiter dan iman saya hanya untuk FSM kok 😉

Jadi, #UdahPutusinAja!
Loh?

With Love,
Resedivis_ @ Perspektif
All Rights Reserved


Further Readings:
https://www.psychologytoday.com/blog/loves-evolver/201302/the-science-behind-falling-in-love
https://www.quora.com/What-are-some-scientific-explanations-for-love
http://www.sciencedaily.com/releases/2014/02/140206155244.htm
https://m.youtube.com/watch?v=oT5qeQft5CE

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s