Bra dan Payudara

Brassiere, juga disebut dengan nama kutang, beha, atau apapun panggilan sehari-harinya, pasti semua wanita yang anda jumpai ada memakai pakaian dalam ini. Waktu masih usia pubertas, mungkin Anda hanya memakai bra untuk menutupi bentuk puting susu agar tidak dilihat orang. Tapi lama kelamaan anda mulai mencari bra yang ada kawatnya untuk menyangga payudara agar payudara terlihat kencang dan terangkat.

Dari sini orang-orang mulai beranggapan bahwa bra mampu mencegah payudara menjadi kendur di hari tua, tapi apakah itu benar?

Prof. Robert Mansell dari University Hospital of Wales mengatakan,”Bra tidak mencegah payudara menjadi kendur, mengingat ligamen-ligamen payudara merenggang dan turun di usia tua, itu sangat sering terjadi, dan itulah pengaruh dari berat, seringkali dari payudara yang berat, dan memakai bra tidak mencegah itu terjadi”. Seorang ahli sports science bernama Jean Denis Rouillon, mengatakan bahwa tidak memakai bra membuat seseorang memiliki posisi puting susu yang rata-rata 7 milimeter lebih tinggi dari yang lain. Universitas Bensacon di Perancis melakukan sebuah riset mengenai pengaruh beha terhadap payudara selama lima belas tahun.

Setiap tahun, Rouillon menemukan bahwa wanita-wanita yang tidak pernah memakai bra memiliki posisi puting susu yang 7 milimeter lebih tinggi dari wanita-wanita yang memakai bra. Tetapi, responden yang diambil hanya 320 orang dari 300.000 penduduk. Untuk membuat hasil penelitian ini lebih akurat, Rouillion berniat untuk merekrut responden wanita yang jumlahnya lebih besar.

Jika dilihat, sebenarnya payudara terdiri dari lemak, jaringan ikat, dan kelenjar-kelenjar susu. Lemak dan kelenjar susu sendiri itu lembek, dan selama ini yang menahan bantuk payudara agar tetap kencang adalah jaringan ikat. Mencoba menggunakan bra untuk menjaga payudara tetap kencang itu sama seperti menyangga seonggok daging dengan tongkat besi dan mengharap daging itu tetap berdiri setelah tongkat itu diambil kembali. Mencoba mengencangkan payudara dengan melakukan olahraga-olahraga tertentu juga sebenarnya tidak mungkin, karena payudara tidak terbuat dari otot yang bisa semakin besar ketika dilatih terus-menerus. Payudara biasa mengendur seiring bertambahnya usia wanita. Ketika usia orang sudah tua, jumlah serat kolagen, sejenis jaringan ikat akan berkurang dan kulit akan semakin tipis sehingga tidak ada lagi yang mampu menyangga bobot dari payudara. Setelah menopause, tubuh juga berhenti menghasilkan estrogen yang juga mempertahankan serat kolagen di payudara. Merokok juga dapat mempercepat mengendurnya aset wanita yang satu ini.

Kesimpulannya, bra sama sekali tidak membantu menjaga payudara tetap kencang di hari tua, tapi setidaknya mampu mengangkat payudaramu selagi dipakai.

@ Perspektif

All rights reserved.


Sumber gambar: http://www.ipttraining.com/wp-content/uploads/2012/06/MP900430794.jpg

Advertisements

One thought on “Bra dan Payudara

  1. Menurut saya pribadi, menggunakan bra lebih bertujuan untuk melindungi bagian sensitif dari payudara (seperti puting) dari gesekan berlebih dengan pakaian yang dikenakan. Rasanya sangat tidak nyaman dan cenderung sakit bila beraktifitas tanpa mengenakan bra.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s