#YourAnswer: Kapan Idealnya Kamu Menikah?

Jika pertanyaan di judul ditanyakan kepada saya, pasti jawabannya,

“Kalau ada yang mau”

“Kalau ada yang mau serius sama saya”

“Kalau ada uang buat nikah”

Bukaaaan… Hari ini, mari kita singkirkan dulu permasalahan utama dalam pernikahan (baca: pasangan yang ngga nemu-nemu di mana batang hidungnya). Kita hanya akan berbicara mengenai usia ideal untuk menikah. Mumpung akhir-akhir ini terjadi banyak perdebatan karena terdapat seorang laki-laki yang menikah pada umur 17 tahun. Sebagian orang, dengan sumbernya masing-masing, mendukung pernikahan yang terjadi dan sebagian lagi malah tidak mendukung hal tersebut, tentu dengan sumbernya masing-masing pula. Lalu bagaimana?

Nah, tidak salah nih sekarang kalau kita lakukan survei kecil-kecilan. Sebenarnya menurut kamu, kapan sih idealnya seseorang menikah?

Yuk, bagi para pendukung nikah muda, para pendukung nikah tua, dan para pendukung yang ngga nikah-nikah, mana suaranya???


Oke, sebelumnya kita bicarakan sedikit mengenai usia ideal untuk menikah.

Menurut Psychology Today dalam salah satu artikelnya, dikatakan bahwa usia 28-32 tahun adalah usia ideal untuk menikah. Mengapa? Hal ini karena secara statistik, angka perceraian pada pernikahan tersebut termasuk sedikit, yaitu 10%-14%. Selain itu, kalau kita lihat dar tahap perkembangan psikososial milik Erik Erikson, tahap Intimacy sendiri baru muncul pada usia 20-25 tahun. Di tahap ini, orang baru benar-benar berfokus pada masalah percintaan dan mencari pasangan.

Namun di sisi lain, kita tidak mungkin hanya berbicara mengenai apa yang telah ditemukan di bidang ilmiah tersebut, budaya, agama, hukum, dan orang tua pun menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Bagaimana jika seseorang diminta cepat-cepat menikah oleh orang tuanya hanya karena mereka ingin gendong cucu? Dah ngga bisa seenaknya kita tendang meja terus teriak, “aku maunya nikah umur 32 tahun, pa, aku hamil di luar nikah aja ya kalau begitu!”. Bisa jantungan orang tuamu, nak.

Lalu bagaimana dengan agama?

Beberapa agama mungkin menganjurkan penganutnya untuk menikah muda. Ya, sebagai pemeluk yang taat, hal ini juga dapat menjadi pertimbangan. Ketaatan kepada Tuhan dan ajaran agama sendiri sebenarnya bisa menjadi value seseorang, dimana orang lain tidak dapat memengaruhi hal tersebut dengan mudah. Jadi ketika seseorang menikah muda karena ajaran agamanya menganjurkan, kita tidak bisa dengan sertamerta menghujat orang tersebut, karena balik lagi, setiap orang memiliki value yang berbeda-beda dan menghormatinya adalah hal yang sah-sah saja.

Bagaimana dengan hukum dan budaya?

Di Indonesia sendiri, premarital sex merupakan hal yang di luar norma masyarakat. Menjadi seorang perawan/perjaka hingga nanti akhirnya seseorang menikah adalah hal yang penting. Beberapa orang pun mengatakan premarital sex merupakan dosa yang besar. Lalu, apakah ini dapat menjadi alasan untuk menikah mudah? Bisa saja. Lalu hukum sendiri juga menentukan bahwa usia orang menikah setidaknya paling kecil adalah 18 tahun, nah itu bagaimana lagi? Memengaruhi? Jelas.


Lalu sebenarnya, sebagai seorang pribadi yang bijaksana, usia berapa sih idealnya kamu menikah?

Jelas tiap orang akan memiliki jawaban yang berbeda-beda, hal ini pasti didasarkan dari banyak faktor  yang memengaruhi keputusan tersebut. Oke, terlepas dari punya pasangan atau tidak, punya modal atau tidak, direstui atau tidak, mari dijawab:

Usia berapa idealnya kamu menikah?  

Dengan polling ini paling tidak kita tahu, rata-rata perspekter ingin menikah pada rentang usia berapa, kalau cocok kan bisa… aaah sudahlaaah.

 

Jester @ Perspektif

All Rights Reserved

P.S. : Maaf gambar bikin baper.


Sumber:

https://www.psychologytoday.com/blog/meet-catch-and-keep/201606/what-are-the-best-and-worst-ages-get-married

http://www.intropsych.com/ch11_personality/eriksons_psychosocial_stages.html

Sumber gambar:

http://www.7-themes.com/data_images/out/66/6996611-just-married.jpg

Advertisements

3 thoughts on “#YourAnswer: Kapan Idealnya Kamu Menikah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s