Segitiga Bermuda

Mungkin beberapa dari kita sudah kenal dengan sebuah zona di Lautan Atlantik Utara bernama Segitiga Bermuda. Gosipnya, siapa pun yang telah masuk ke area ini tidak akan bisa keluar. Lalu—cerita yang lebih lucu lagi—banyak orang yang mengaitkan area ini dengan keberadaan dajjal. Intinya, macam-macam deh teori mengenai Segitiga Bermuda.


Di manakah letak Segitiga Bermuda?

Area ini berbentuk segitiga yang dibentuk oleh Pulau Bermuda di Atlantik Utara, Miami di Amerika Serikat, dan Pulau Puerto Riko yang merupakan teritori dari Amerika Serikat sebagai titik-titik sudutnya. Daerah ini telah dikenal sebagai area pelayaran yang sangat padat sejak zaman pelayaran Columbus. Selain itu, area tersebut juga terletak di sabuk hurikan (hurricane belt).


Apa yang menyebabkan Segitiga Bermuda begitu terkenal?

Sebenarnya, perairan ini dulunya dipandang sebagai perairan biasa; tidak ada yang spesial. Namun, pada tanggal 17 September 1950 harian The Miami Herald mengangkat sebuah artikel mengenai beberapa pelayaran dan penerbangan yang lenyap yang beberapa di antaranya terjadi di area tersebut. Beberapa yang paling populer antara lain:

  1. Flight 19 (Desember 1945)
    Empat pesawat torpedo hilang setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Fort Lauderdale.
  2. Star Tiger (Januari 1948) dan Star Ariel (Januari 1949)
    Dua pesawat Inggris Raya hilang di area tersebut. Star Tiger terbang dari Azores (Portugal) menuju Bermuda, sedangkan Star Ariel terbang dari Bermuda menuju Jamaika.
  3. Kapal Carroll A. Deering (ditemukan di North Carolina pada Januari 1921)
    Kapal lima layar yang ditemukan terdampar di North Carolina, yang diduga merupakan korban bajak laut.

Lalu, mengapa kapal-kapal tersebut menghilang? Ada beberapa hipotesis mengenainya.

  1. Untuk Flight 19, awak pesawat sempat melaporkan disorientasi spatial pada pesawat. Pada siang hari dan cuaca yang sangat cerah, akan sangat sulit membedakan langit dengan laut. Mungkin itulah yang menjadi penyebab hilangnya awak Flight 19.
  2. Star Tiger dan Star Ariel adalah dua pesawat jenis Avro Tudor yang memiliki daya jelajah 6400 km bila tanpa beban. Jarak dari Azores ke Bermuda serta Bermuda ke Jamaika masih dalam daya jelajah kedua pesawat tersebut, tetapi catatan investigasi menyebutkan bahwa kedua pesawat tersebut terbang pada ketinggian 2000 kaki di atas permukaan laut. Jarak tersebut cukup pendek apabila terjadi kesalahan.
  3. Untuk kapal Carroll A. Deering, diketahui bahwa ada kapal sejenis yang melintas yang diindikasikan sebagai korban pembajakan. Disebutkan juga bahwa kapal uap Hewitt mendekat ke kapal Deering setelah kapal Deering menyampaikan pesan terakhirnya. Kabar selanjutnya adalah bahwa kapal Deering ditemukan tak berawak.

Lalu, apakah Segitiga Bermuda sangat berbahaya? Tentu saja tidak! Area ini dilewati oleh ratusan penerbangan setiap harinya! Tidak pernah ada lagi catatan pesawat atau kapal yang hilang sejak tahun 1970-an.

Tetapi bukankah ada pemberitaan yang melaporkan kehilangan di area tersebut? Ya, memang ada beberapa kasus kehilangan di sana. Namun, seringkali pemberitaan tentang kembalinya pesawat atau kapal tersebut tidak pernah muncul!

Bagaimana dengan teori adanya medan magnet di area tersebut? Tidak ada keanehan sama sekali di area Segitiga Bermuda. Medan magnet di Segitiga Bermuda memiliki nilai yang kurang lebih sama dengan Indonesia, daerah Pasifik Selatan, atau India. Kita tidak pernah mendengar kasus pesawat hilang di India kan? Mengenai anomali medan magnet, hal ini memang ada di Lautan Atlantik Selatan. Coba lihat di peta medan magnet yang difoto oleh Satelit Ørsted.


Penjelasan lainnya

Daerah Segitiga Bermuda ini—meskipun tidak berbahaya—menyimpan beberapa fitur menarik. Salah satunya adalah Laut Sargasso. Yang sudah belajar biologi pasti tahu apa itu sargassum – ganggang laut! Di tempat ini, ganggang laut tumbuh sangat subur sehingga menghambat pelayaran kapal tak bermesin. Memang sempat diceritakan kalau Columbus tertahan di tempat ini karena ganggang tersebut dan tidak adanya angin. Tetapi dia tetap berhasil mencapai Karibia dan tidak hilang kan?

Jadi, untuk yang masih percaya bahwa Segitiga Bermuda itu berbahaya—terutama katanya karena ada dajjal—silakan cek lagi ya!

Credit to Agastya


Sumber:

www.wikipedia.org
www.flightradar24.com
www.appinsys.com
www.bbc.co.uk/news/science-environment-22806362
www.physics.smu.edu/pseudo/BermudaTriangle/evwjones.html
www.flywiththestars.co.uk/Airline/Fleet/tudor_specs.htm
news.bbc.co.uk/2/hi/8248334.stm

Sumber gambar: http://www.dailymail.co.uk/news/article-3490072/Has-secret-Bermuda-Triangle-finally-discovered-Scientists-giant-craters-underwater-explain-ships-disappear-without-trace.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s