Sabun Antibakteri

Kita akan membicarakan tentang sabun antiseptik atau antibakteri yang banyak beredar di pasaran. Iklan-iklan sabun antibakteri ini biasanya menggembor-gemborkan bahwa produk mereka lebih efektif dalam melawan bakteri dibandingkan sabun biasa (plain soap) karena terdapat triclosan di dalamnya. Tapi kalian taHu gak sih kalau penelitian terbaru yang dilakukan Kim et al. (2015) yang diterbitkan di Journal of Antimicrobial Chemoteraphy menyimpulkan bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dalam menggunakan sabun antibakteri dengan sabun biasa dalam melawan bakteri.

Lah, kok bisa??

Jadi, Kim et al. (2015) ini melakukan penelitian in vitro dengan membandingkan keefektifan sabun antibakteri yang mengandung triclosan dengan konsentrasi maksimum yang telah distandarisasi, yakni sebesar 0.3 %, dengan sabun biasa yang tidak mengandung triclosan, dalam keadaan ‘real life‘ atau dalam kondisi pencucian tangan yang sebenarnya. Kondisi pencucian tangan ‘real life‘ ini dilakukan dalam suhu ruangan (22 °C) dan suhu hangat (40 °C) pada tangan yang telah terekspos 20 strain bakteri berbeda selama 20 detik.

Hasilnya, ternyata tidak ada perbedaan yang siginifikan tuh di antara kedua sabun. Justru si sabun antibakteri yang mengandung 0.3% triclosan ini baru menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan sabun biasa setelah kondisi pencucian tangan > 9 jam.

Waaah… lama banget dong ya kalau misalkan kita mesti cuci tangan sampai minimal 9 jam. Beberapa penelitian lain yang menggunakan kadar triclosan berbeda dari sekitar 0,1-0,4% juga menunjukkan hasil yang sama bahwa sabun antibakteri tidak lebih ampuh dari pada sabun biasa.

Triclosan memang terbukti menunjukkan keefektifannya dalam melawan bakteri gram negatif maupun gram positif, tapi itu hanya berlaku untuk beberapa spesies bakteri aja. Penelitian lain menunjukkan bahwa sabun yang mengandung triclosan bisa saja lebih ampuh melawan bakteri (as bactericidal agents) dibandingkan sabun biasa dalam kondisi normal, akan tetapi itu pun jika konsentrasinya > 1% di mana konsentrasi ini tidak dianjurkan oleh lembaga standarisasi di beberapa negara.

Tapi bukan berarti kita mesti takut loh ya pakai produk sabun yang mengandung antibacterial agent seperti triclosan, asalkan kandungannya di bawah standar maksimum yang ditetapkan. Meskipun beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan produk antibakteri tidak menimbulkan resiko terhadap resistensi antibiotik pada bakteri, akan tetapi tetap lebih baik jangan menggunakan produk ini secara berlebihan karena dikhawatirkan penggunaan dalam jangka waktu lama justru malah berefek sebaliknya.

Selain itu, untuk kalian yang sering menggunakan sabun antibakteri untuk cuci tangan, tidak perlu ragu lagi sebenarnya untuk cuci tangan pakai sabun biasa pun, asalkan metode pencucian tangannya dilakukan dengan benar. Menurut WHO, untuk mencuci tangan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan sabun cair dan dilakukan selama minimal 20 detik.

 

 

September 2015
Oxalis @ Perspektif
All Rights Reserved


Sumber:

http://www.oxfordjournals.org/our_journals/jac/press_releases/prpaper.pdf

http://cid.oxfordjournals.org/content/45/Supplement_2/S137.long

http://www.tufts.edu/med/apua/practitioners/infection_control_11_4184869498.pdf

http://www.fightgermsnow.com/sciencefacts/fact-using-antibacterial-products-does-not-lead-to-antibiotic-resistance

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12969278

http://time.com/4035442/antibacterial -soap-ineffective/

http://www.health.state.mn.us/handhygiene/how/bestsoap.html

http://www.sciencedaily.com/releases/2007/08/070815173055.htm

Sumber gambar:www.theblaze.com/wp-content/uploads/2013/06/ScreenSnapz009.jpg

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s