​#ThoughtsOnThings: Perbedaan

Bukan secarik puisi ataupun sebuah narasi, hanya sekedar refleksi bahwa keberagaman merupakan suatu keindahan.

Pernahkah Anda membayangkan bahwa dunia tanpa perbedaan?

Bila tuts piano tidak berwarna hitam putih, pasti tidak akan terdengar musik yang mengalun indah darinya. Bila lukisan itu hanya satu warna pasti akan kurang menarik, atau bila lagu tidak memiliki nada yang berbeda pasti akan terasa hambar di telinga. Bila alam ini hanya memiliki satu warna, tentu kita tidak akan pernah mengenal arti keindahan. Itulah, Indahnya Perbedaan yang membawa harmoni dalam kehidupan.

Perbedaan itu sangat berarti dalam kehidupan kita karena mampu menciptakan keindahan, kekuatan, dan kebahagiaan. Seringkali kita memandang perbedaan itu sebagai suatu momok dan ancaman yang menakutkan, hingga tak jarang kita selalu ingin menentang bahkan melenyapkan orang yang memiliki paham dan kepercayaan yang berbeda.

Pernahkah Anda membayangkan, bahwa semua hal yang ada pada bumi ini adalah sebuah Homogenitas dan keseragaman?Bagaimana Anda bisa menilai bahwa warna kuning itu indah, bila Anda tidak pernah melihat warna merah muda? Bagaimana Anda bisa merasakan pegunungan yang indah, bila tidak pernah berlibur di pantai yang begitu mempesona? Bagaimana Anda bisa menilai merdunya suara rintik hujan bila tidak pernah merasakan teriknya sinar matahari?

Mengutip apa yg dikatakan Soe Hook Gie, “Kita begitu berbeda dalam semua hal, kecuali dalam cinta”. Ya, cinta kita terhadap sesama manusia, karena perasaan itu yang bisa menyatukan kita. Apapun ideologi, pandangan politik, suku, ras atau agama, kita hanya satu, manusia yang memiliki cinta.

Cintailah orang orang sekitarmu, apapun pandangan mereka terhadap dunia. Terkadang ini menjadi sebuah utopia, tapi Anda, saya dan kalian semua adalah Manusia, terlepas dari apapun predikat orang terhadap anda dalam menjalani kehidupan. Tetaplah menyebarkan cinta, dan memaknai dunia ini indah dengan segala perbedaan yang ada.

It is only when you accept how different you all are, that you will be able to see how much the same you all are. Don’t expect anybody to be the same as you, then you will see that you are in many ways the same as everybody

Resedivis_ @ Perspektif

All Rights Reserved

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s