Skala Kardashev: Peradaban Manusia Abad ini Masih Primitif

Sebagian besar film fiksi ilmiah tentang alien seperti Indepedence Day, War of the Worlds, dan Star Wars mengisahkan bahwa alien memiliki teknologi lebih canggih dan peradaban yang lebih maju daripada manusia. Saking majunya, mereka memiliki teknologi canggih dari kendaraan anti-gravitasi hingga pesawat tempur yang beberapa kilometer panjangnya. Namun, tentu saja itu hanya fiksi ilmiah. Belum tentu alien lebih pintar daripada manusia.

Teori Great Filter mengatakan bahwa dengan banyaknya kejadian-kejadian yang mengancam kehidupan, kecil kemungkinan kehidupan cerdas bisa muncul. Tetapi jika benar ada, seperti apa wujud peradaban alien? Mungkin skala Kardashev dapat sedikit mengganjal keingintahuan kita.

Skala Kardashev adalah metode untuk mengukur seberapa maju peradaban suatu kehidupan cerdas berdasarkan besar energi yang digunakan olehnya. Menurut Nikolai Kardashev, pembuat skala ini, ada tiga tipe peradaban.


Peradaban Tipe I

Peradaban manusia adalah contoh peradaban tipe I. Peradaban tipe I menggunakan sumber daya alam di planetnya, seperti batu bara, gas alam, angin, uranium, dan hidrogen sebagai sumber energi. Menurut Carl Sagan, peradaban manusia berada di tipe 0.72 (berdasarkan komsumsi energi dunia pada tahun 2012). Jika manusia dapat membuat pembangkit listrik tenaga fusi nuklir, peradaban manusia akan menjadi peradaban tipe I yang sesungguhnya.

Peradaban Tipe II

Peradaban tipe II menggunakan bintang induknya (contohnya adalah matahari bagi peradaban manusia) sebagai sumber energi. Hal itu membolehkan peradaban tersebut membangun struktur yang sangat besar untuk mengumpulkan energi bintang induk sebanyak-banyaknya; salah satu struktur tersebut adalah bola Dyson.

Bola Dyson adalah struktur berbentuk bola yang melingkupi sebuah bintang. Bola tersebut bertindak sebagai panel surya yang menangkap seluruh energi yang dihasilkan bintang induk. Jika kita membuat bola Dyson di tata surya kita, kita mendapatkan pasokan energi sebesar 4 × 1026 watt per detik! (sekitar 70 juta kali lebih besar dibandingkan konsumsi energi dunia per tahun)

Peradaban Tipe III

Ini adalah tipe peradaban paling maju menurut Kardashev. Peradaban ini dapat menguasai energi galaksi yang ia tinggali. Dengan kemampuan mengendalikan energi dalam galaksinya, tentu peradaban tersebut memiliki konsumsi energi yang besar: sekitar 4 × 1037 watt. (700 ribu triliun lebih besar dibandingkan konsumsi energi dunia per tahun) Karena begitu besar dan majunya peradaban ini, tentu kita seharusnya akan dengan mudah menyadari eksitensi peradaban ini. Namun, kita masih belum mendapatkan petunjuk apa pun mengenai keberadaan mereka. Oleh karena itu, kecil kemungkinannya bagi peradaban tipe III untuk ada di galaksi kita.


Ada beberapa tipe peradaban lain seperti tipe O, di mana peradaban tersebut masih menggunakan hanya satu macam sumber energi. Ada juga peradaban tipe IV yang menguasai energi seluruh alam semesta atau bahkan tipe V yang mampu mengendalikan energi dalam skala multiverse. Dengan kata lain, peradaban tipe V mampu memanfaatkan energi keseluruhan alam semesta yang ada, dengan asumsi alam semesta paralel nyata.

Manusia selalu bermimpi membangun peradaban tipe II atau III. Namun, belum tentu kita bisa merealisasikan mimpi tersebut. Mungkin hukum fisika bisa menjadi penghalang yang tak bisa ditembus untuk mencapai peradaban yang lebih maju atau mungkin kita telah hilang dari dunia sebelum hal itu terjadi. Jadi, tidak ada kepastian bahwa kita atau alien di luar sana dapat membuat peradaban seperti di film-film fiksi ilmiah.

Resedivis_ @ Perspektif
All Rights Reserved


Further readings:

The Physics of Extraterrestrial Civilizations

http://www.fromquarkstoquasars.com/the-kardashev-scale-type-i-ii-iii-iv-v-civilization/
http://futurism.com/the-kardashev-scale-of-civilization-types/

Image credit: Danielle Futselaar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s