Fenomena Ekuinoks

Pada tanggal 20 Maret 2016, mungkin kita sempat dikagetkan dengan beberapa pesan berantai mengenai fenomena ekuinoks. Pesan berantai tersebut berisi imbauan untuk tinggal di rumah karena temperatur panas hingga 40ºC akan melanda tempat-tempat di daerah khatulistiwa. Katanya, temperatur panas tersebut disebabkan oleh ekuinoks. Tetapi apa sih ekuinoks itu sebenarnya?

Untuk mengetahui apa itu ekuinoks, kita tinjau dulu terjadinya musim di planet kita. Selain melakukan revolusi terhadap matahari, bumi juga berputar pada porosnya. Namun, poros bumi tidak tegak lurus terhadap bidang datar, melainkan miring 23.5 derajat terhadap bidang tegak lurus. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya musim-musim berbeda di bumi. Karena kemiringan itulah posisi semu matahari di langit berubah-ubah.

Pada sekitar bulan Desember, ketika belahan bumi selatan menerima paling banyak sinar matahari, daerah tersebut mengalami musim panas. Puncaknya adalah pada sekitar tanggal 21 Desember, ketika matahari berada pada posisi paling tinggi di langit belahan bumi selatan. Sebaliknya, pada sekitar tanggal 21 Juni, matahari berada pada posisi paling tinggi di belahan bumi utara yang merupakan puncak musim panas di daerah tersebut. Tanggal-tanggal tersebut dikenal dengan nama solstice (titik balik matahari).

Di saat posisi semu matahari berpindah dari belahan bumi utara ke selatan atau sebaliknya—pada sekitar tanggal 20 Maret dan 21 September—matahari berada pada posisi paling tinggi di khatulistiwa. Pada tanggal tersebut, matahari seolah-olah bergerak melintasi langit khatulistiwa untuk berpindah belahan bumi. Titik inilah yang dikenal dengan nama ekuinoks. Ada vernal equinox (ekuinoks musim semi) dan autumnal equinox (ekuinoks musim gugur).

Apa pengaruh solstice dan ekuinoks terhadap kehidupan manusia di bumi? Coba kita lihat pada masa solstice bulan Desember, misalnya. Pada waktu tersebut, matahari berada pada titik tertinggi di belahan bumi selatan (seperti Australia, Cile, Argentina, dan Afrika Selatan). Sedangkan, untuk beberapa negara di belahan bumi utara (AS, Inggris, Jerman, Belanda, Rusia) matahari berada pada titik terendah.

Pada solstice, ketika matahari pada posisi tertinggi, lamanya siang pada daerah tersebut akan lebih lama daripada malamnya. Sebagai contoh, pada tanggal 22 Desember 2015, di kota Cape Town, Afrika Selatan, durasi siang adalah 14 jam 25 menit. Sementara itu, di Tokyo, Jepang, pada tanggal yang sama, lamanya siang hanyalah 9 jam 44 menit.

Pada masa ekuinoks, posisi semu matahari berada di khatulistiwa. Pada masa inilah durasi siang dan malam kurang lebih sama bagi sebagian besar posisi di bumi. Di daerah khatulistiwa, seperti di daerah Pontianak, matahari akan berada tepat di atas kepala pada pukul 12 siang setiap fenomena ekuinoks.

Lalu, apakah ekuinoks berpengaruh terhadap suhu rata-rata dan berkaitan dengan suhu panas yang disebar-sebarkan melalui pesan berantai? Hmmm, ekuinoks memang berpengaruh terhadap suhu rata-rata bumi, tetapi tidak ada hubungannya sama sekali dengan serangan suhu panas. Pada masa ekuinoks, temperatur di daerah khatulistiwa bisa meningkat sedikit karena memang saat inilah matahari berada sedikit lebih lama di khatulistiwa (ingat bahwa pada saat solstice pun tidak ada perubahan drastis antara durasi siang dengan malam). Namun, peningkatan ini tidak cukup untuk menciptakan fenomena aliran panas dan fenomena aliran panas tidak disebabkan oleh ekuinoks.

Lalu, bagaimana dengan pesan berantai tersebut? Ya kacangin saja. Tapi karena cuaca memang lagi panas-panasnya, hidrasi diri kalian yang banyak. Yang paling penting, pintar-pintarlah memilah informasi. Jangan kebanyakan percaya dengan pesan berantai hanya karena ada embel-embel istilah yang tidak kalian mengerti.

Credit to:
Agastya Eka Wiraputra
Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences


Sumber:
http://www.weather.gov/cle/Seasons
http://www.timeanddate.com/calendar/december-solstice.html
http://earthsky.org/earth/everything-you-need-to-know-december-solstice

Advertisements

One thought on “Fenomena Ekuinoks

  1. Hi blogger, i must say you have high quality content here.
    Your page should go viral. You need initial traffic boost only.
    How to get it? Search for; Mertiso’s tips go viral

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s